Info Bisnis Online

WhatsApp Marketing Anti Banned

Publish: 24 Feb 2022 09:03

Sebelum kita bahas hal teknis, maka kita harus paham konsep kenapa whatsapp membanned nomor kita. Alasan utamanya tentu mengganggu penggunanya. Dari kita harus punya mindset yang sama bahwa apa yang akan kita kirimkan jangan sampai mengganggu pengguna.

Apakah whatsapp membanned gara-gara isi pesan kita? Jawabnya tidak, sebab mereka tidak bisa membaca pesan kita karena di-encrypt. Encrypt ini juga per user beda sehingga di database whatsapp isi pesan kita juga pasti berbeda-beda sebab encryptnya juga beda-beda.

Satu-satunya cara whatsapp tahu kita melakukan hal yang gak wajar ya melalui track record pengiriman. Kalau kita kirim terlalu cepat ya pasti akan ketahuan, apalagi jika jumlah kata dalam pesannya juga mirip. Jika lolos ini, masih ada lagi yaitu report dari user. 

Maka walaupun anda kirim manual pakai jempol sampai kriting, kalau user gak terima dan pencet tombol report ya wassalam.

WhatsApp: Tidak Ada Perubahan Apapun Pada WhatsApp – Fokus Bandung

Lalu bagaimana agar bisa terhindar dari 2 hal tersebut?

1️⃣ Pastikan User Chat kita duluan

Cara paling aman agar nomor kita tidak dibanned adalah user harus chat duluan. Jadi, promosi awal jangan lewat whatsapp. Kalau dalam konsep funneling, promosi awal adalah kepada orang yang gak kenal dengan kita. Maka hindari promosi awal seperti ini menggunakan whatsapp. 

Kalau saya biasanya pakai facebook. Saya bikin postingan di facebook atau di grup penawaran informasi penting yang ada hubungannya dg produk. Contoh saya tawarkan kuliah singkat melalui whatsapp. Nah, untuk bisa ikut, mereka harus kirim kode subscribe ke whatsapp saya.

Misalnya: Ketik: diabetes#Nama lalu kirim ke Whatsapp: 081234567899.

Dengan cara seperti ini, saya cukup aktif promosi di tempat-tempat yang ramah spamming. Ya kayak facebook, twitter, instagram maupun tempat-tempat lain yang lebih aman.

Begitu mereka kirim kode subscribe, maka otomatis WAFU akan melayani dengan memberikan info-info tentang diabetes yang di akhir kuliah akan diarahkan penggunaan produk.

2️⃣ Beri kemudahan untuk unsubscribe

Walaupun awalnya orang dengan sukarela gabung jadi subscriber, tapi gak selamanya dia rela dikirimi whatsapp. Apalagi jika dia orang sibuk. Mungkin saat dia gabung, posisi lagi ada waktu luang. Tapi ketika anda terus menerus kirim pesan whatsapp, apalagi saat dia sedang sibuk tentu hal ini jadi mengganggu.

Maka, di WAFU sudah ada link kode untuk unsubscribe. Dia tinggal pencet atau ketik kode itu maka otomatis unsubscribe. Dengan cara ini, akan menghindari seorang user melapor ke whatsapp. Jauh lebih aman kehilangan seorang user yang merasa terganggu daripada sampai kehilangan nomor kan?

3️⃣ Jangan terlalu sering kirim pesan

Ini sebenarnya subyektif banget ya. Artinya kata "sering" ini bagi tiap orang tentu beda-beda. Ada yang 3x sehari itu dianggap biasa, ada yang udah dianggap mengganggu. Bahkan sehari sekalipun bagi sebagian orang sudah dianggap nyepam. Malah saya itu sebulan sekali itupun gak rutin udah dianggap spammer.

Maka, sebelum mulai kirim-kirim pesan, apalagi pesan autoresponder, ingatkan mereka dulu. Misalnya dengan kata: Kami akan mengirimkan pesan setiap hari sekali dengan total 10 pesan saja. Jika tidak berkenan, silahkan unsubcribe lalu berikan link unsubscribe-nya. Anda juga bisa berhenti sewaktu-waktu jika merasa info kami tidak bermanfaat.

Dengan begini, user akan bisa mengira-ngira sendiri. Toh udah dikasih tahu kalau bakal dikirimi pesan tiap hari selama 10 hari. Kalau dia ngerasa bakal terganggu ya dia akan unsubscribe. No problem. 

4️⃣ Pancing interaksi

Interaksi sangat penting dalam menghindari banned. Anda bisa pancing dengan pertanyaan, komentar atau apa saja agar mereka me-reply pesan anda. Dengan semakin sering berinteraksi, maka ketika ada user lain yang iseng report, anda masih dipertimbangkan utk banned. Jauh lebih aman lah. Nomor saya aja dua-duanya pernah kena banned tapi alhamdulillah bisa balik lagi hanya dengan sekali minta review ulang.

Dan kalau ada yang misalnya menjawab pesan atau kirim pesan ke anda ya segera tanggapi. Ini akan sangat mengaburkan ciri-ciri robot sehingga nomor lebih aman.

5️⃣ Jangan promosi melulu

Satu dua kali promosi mungkin orang masih toleransi. Tapi kalau udah tiap hari ya orang udah muak. Apalagi yang promosi bukan cuma anda, melainkan banyak marketer lain juga. Maka begitu anda ikutan promosi ya langsung aja report hehehe...

Maka sering-seringlah sharing. Mungkin jika anda jadwalkan 2 hari sekali broadcast pengetahuan baru, maka setelah 5x broadcast baru promosi. Makin sering sharing, makin sering interaksi, maka orang akan makin kenal dan itu sudah jadi nilai plus tersendiri utk tahan banned.

6️⃣ Minta user menyimpan nomor anda

Makin banyak user yang menyimpan nomor anda, maka kedudukan anda semakin kuat. Menyimpan nomor juga akan menghindari kesalahpahaman. Jika dia gak pernah simpan nomor anda lalu andapun jarang broadcast, begitu anda broadcast dianggap nomor asing. Eh tahu-tahu report aja :D

Nah, itulah beberapa tips yang biasa saya lakukan agar nomor anti banned. Memang kesannya lama, bertele-tele tapi dengan menjalin ikatan kuat dengan calon pelanggan, maka kesempatan closing dan profit insyaaLlah akan semakin terbuka luas.

Dapatkan Notif Update dan tips bisnis online lain melalui WhatsApp

Kabari Saya

Info Lain

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

+628970097777
08970097777
lutvicb
PakarBlog

Copyright © Cafebisnis 2016