Info Bisnis Online

Kenali Target Market Anda

Publish: 21 Nov 2021 09:24

Semua orang tahu di laut banyak ikan. Tapi kalau anda mencoba menjala di laut, belum tentu bisa dapat ikan. Lho kok bisa?

Sebab ikan-ikan tidak menyebar rata di seluruh permukaan laut. Mereka bergerombol di tempat-tempat tertentu yang mereka sukai.

Sama dengan calon buyer produk anda. Mereka tidak menyebar merata di semua platform. Anda gak bisa berasumsi platform apapun karakteristiknya sama semua. Berhasil di facebook, belum tentu berhasil di instagram. Tokcer di tokopedia, boleh jadi sepi di shopee.

Maka, hal pertama untuk mengetahui dimana harus promosi adalah tahu dimana tempat berkumpul target market anda.

Cara tradisional yang dilakukan pedagang-pedagang jaman dulu simple saja. Dimana banyak penjual barang yang sama, berarti di situ rame. Ibarat nelayan, dimana banyak nelayan berarti di situ banyak ikan.

Makanya bisa anda lihat toko emas, biasanya ya berjejer toko emas semua. Toko kacamata juga berderetan jual kacamata semua. Dulu jaman saya di percetakan juga kios percetakaan berjajar sepanjang jalan. Yang paling seru jualan kain, bisa satu pasar isinya penjual kain semua.

6 Tempat Belanja Kain di Bandung

Kok bisa gitu? Sebab mereka yg udah puas belanja di suatu toko, biasanya lebih ingat nama jalannya daripada nama tokonya. Sehingga pas ditanya temannya beli dimana? Di jalan anu. Tapi gak nyebut nama tokonya sebab dia gak ingat. 

Kecuali kalau udah sering beli, baru deh memperhatikan nama toko. Itupun kalau tokonya emang lebih spesial dibanding toko lain. Kalau sama aja ya tetep gak ingat hehehe...

Sama juga dengan marketplace. Ketika ada buyer puas lalu ditanya beli dimana? Nyebutnya pasti nama marketplace-nya bukan nama tokonya, apalagi URL tokonya. Paling cuma bilang beli di shopee, beli di tokopedia bahkan ada yg lebih parah nyebutnya beli online 😂

Jadi.. cara paling sederhana untuk tahu dimana lokasi market anda ya lihat pesaing. Mereka kebanyakan ada di mana dan apakah laris jualannya. 

Contoh di shopee, anda tinggal cek berapa banyak pesaing anda di sini dan berapa penjualan mereka. Jika cukup banyak dan merata, maka ada peluang deh untuk masuk sana juga. Tapi kalau hanya didominasi 1-2 seller saja, ya musti pikir-pikir lagi.

Setelah tahu lokasi target market, selanjutnya tinggal belajar bagaimana menjadi penguasa di wilayah itu, bagaimana agar toko kita bisa stand out, lebih diingat daripada toko lain.

Dapatkan Notif Update dan tips bisnis online lain melalui WhatsApp

Kabari Saya

Info Lain

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

08970097777
08970097777
cafebisnis
pakarblog

Copyright © Cafebisnis 2016