Info Bisnis Online

Mobile Oriented dalam Bisnis Online

Publish: 17 Nov 2021 06:23

Saya sudah sering bicara tentang bisnis online, namun ada satu detil yang terlupa yaitu soal orientasi pada tampilan di HP atau mobile.

Pengguna internet saat ini jauh lebih banyak daripada saat jaman saya awal-awal berbisnis online dulu. Namun, kebanyakan dari mereka mengakses internet bukan lewat komputer atau laptop melainkan melalui HP. Sangat jarang yang mengakses lewat komputer.

Disamping harganya yg mahal, komputer juga dinilai kurang praktis untuk kebutuhan sehari-hari yg mungkin hanya utk mengakses medsos dan sesekali belanja di marketplace.

Kembali lagi pada target market anda. Jika target marketnya kebanyakan adalah pengguna smartphone, dan sangat sedikit atau bahkan tidak ada yg mengakses lewat desktop, maka pembuatan web boleh jadi tidak diperlukan lagi. Kalaupun butuh ya sekedar untuk eksistensi saja atau untuk menjalankan program funneling menggunakan WAFU misalnya.

Mobile-Friendly vs Mobile-Responsive | Constant Contact

Maka fokus saja pada sosmed dan marketplace. Mungkin bisa ditambah dengan grup whatsapp atau memanfaatkan WAFU untuk mendata konsumen anda dan melakukan promosi.

Jika menggunakan website, maka perlu diperhatikan pengalaman user saat membuka website anda. Pengguna HP biasanya kecepatannya tidak sebesar WIFI. Kuota juga sangat terbatas, maka penggunaan gambar yang terlalu banyak, aplikasi javascript yg bertumpuk-tumpuk akan sangat menyulitkan mereka.

Prinsip utama pembuatan website mobile adalah cepat diakses dan sederhana. Tidak perlu akses hiasan yg terlalu banyak yg penting rapi dan mudah dibaca. Gambar-gambar juga perlu dikompres agar ukurannya kecil dan load-nya cepat. Setidaknya upload gambar yg ukuran lebar maksimalnya hanya 600px saja, tidak perlu yg hi-res.

Saya biasanya pakai RIOT untuk meng-compress gambar sebelum diupload. Sangat efektif banget.

Anda juga harus sering test berapa kecepatan load website anda. Jangan sampai web tidak tampil di 10 detik pertama. Minimal headernya harus nongol duluan. Maka peletakkan javascript di bagian bawah coding akan sangat membantu sekali. Lebih bagus lagi jika load CSS-nya juga dilakukan bertahap. Anda bisa contoh web cafebisnis ini hehehe..

Pada head, saya langsung menampilkan CSS pakai style secara langsung sehingga tidak perlu load file css dulu di awal. Nah, style awal ini akan langsung bisa menampilkan isi web cafebisnis walau dengan tampilan seadanya dan asal rapi dan terbaca.

Beberapa detik kemudian saat semua file javascript dan css berhasil di-load, barulah diterapkan di web. Kalau koneksi anda cukup lambat, anda bisa melihat perubahan tampilan cafebisnis saat pertama kali di load dan segera berubah beberapa detik kemudian.

Tak hanya itu, saya lebih suka menggunakan jquery dan framework langsung dari developernya. Sebab saya yakin yg pakai juga banyak sehingga otomatis alamatnya tersimpan di browser user. Nah, saat saya menggunakan alamat yg sama, maka browser akan menghemat waktu sehingga tidak perlu load ulang dan tinggal pakai saja.

Beda banget jika file2 javascript ada di website kita sendiri. Maka browser akan me-load ulang file2 itu sebab alamatnya kan pakai alamat web kita.

Nah, itu sedikit rahasia kenapa web cafebisnis cukup cepat loadnya dan mobile friendly.

Dapatkan Notif Update dan tips bisnis online lain melalui WhatsApp

Kabari Saya

Info Lain

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

08970097777
08970097777
cafebisnis
pakarblog

Copyright © Cafebisnis 2016