Info Bisnis Online

Cara Mendapatkan Kontak WA Tertarget

Publish: 16 Sep 2021 10:12

Sejak melayani teman2 yg membeli plugin WAFU dan juga yang bergabung di Waseru, rata2 kebingungan dengan bagaimana memanfaatkan tool keren tersebut. Bahkan banyak yg menyangka saat membeli WAFU otomatis bisa langsung punya ribuan bahkan jutaan nomor WA target.

Mindset tukang nyepam kayak gini perlu dikikis habis. Bukan hanya demi bisnis kita tapi juga demi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penjualan online.

Produk2 scrapping data online baik dari instagram, google bisnis maupun google map banyak bermunculan. Oke, anda dapatkan datanya tapi ketika yg punya data tidak terima anda kirimin iklan, maka yang jadi korban ya nomor anda sendiri.

Lalu pakai solusi yaitu dg gonta-ganti nomor. Lha.. gimana anda bisa repeat order kalau nomor gonta-ganti. Kalaupun sekarang nyepam lalu ada yg beli eh pas dia merasa puas dg produknya dan mau kontak anda, ternyata nomornya udah kena banned.

3 Cara Menghubungi Nomor WhatsApp Yang Telah Memblokir Kita - KEPOINDONESIA

MULAI MEMBANGUN DATABASE

Semua bisnis yang dibangun dengan tujuan jangka panjang, pasti punya database. Baik database prospek maupun database buyer. Lalu bagaimana cara mendapatkan database ini? Ya pakai pancingan.

Anda bisa kumpulkan dulu artikel2 yg berhubungan dg bisnis anda lalu bikin jadi semacam ebook atau video gratis.

Nah, tinggal cari orang2 yg butuh artikel atau video itu.

Biasanya di grup2 pembelajaran, baik di facebook, grup whatsapp atau media yg lain, akan berkumpul tuh orang2 yg lagi lapar ilmu. Apapun yg berhubungan dg topik, pasti akan dilahap habis. Jika ada seminar online gratis yg modelnya dibuatkan grup WA dulu, usahakan ikut. Sebab di dalam grup WA itu terkumpul ikan2 lapar yg siap dipancing hehehe... 😄

Contohnya saya saat ini sedang rajin belajar soal Maggot BSF. Saya gabung tuh ke berbagai grup BSF yang ada di facebook dan whatsapp. Nah, di dalamnya buanyaak banget anggota grup yg tanya-tanya soal maggot kan? Ada yg bertanya lewat status maupun di kolom komentar.

Saya tinggal siapkan ebook tentang maggot lalu saya upload ke drive. Nah, saat ada yg tanya, saya tinggal tawarkan ebook itu. Caranya ya dia harus kirim WA ke saya agar bisa saya kirimin ebook-nya.

COLLECT DATA DENGAN WAFU

Nah, agar data-data itu tidak tercecer, anda harus catat nama dan nomor yg udah menghubungi anda. Masukkan deh di excel. Nomor-nomor inilah yang kemudian sesekali bisa anda broadcast. Misalnya saat anda jualan telur maggot, pre-puppa atau fresh maggot-nya. Tool untuk broadcast ada banyak toh? 

Untuk bisnis yg lain tinggal dimodifikasi saja sesuai dg bisnis anda masing-masing. Tentu anda yg paling memahaminya. Bukan saya.

Bagaimana kalau tiap hari ada puluhan bahkan ratusan orang yang minta ebooknya?

Nah, anda bisa memanfaatkan WAFU untuk meng-collect data2 mereka sekaligus mengirimkan link ebooknya. Enak toh?

Nanti mereka tinggal kirim WA dengan format misalnya: maggot#Nama ke nomor WA anda. Otomatis WAFU akan membalas pesan tersebut dengan kata-kata misalnya: 

OK siap gan, monggo bisa langsung download ebook-nya di sini ..... (anda kasih link drive-nya).

FOLLOW UP OTOMATIS

Setelah mereka dapatkan link drive-nya, mereka kan baca tuh. Nah, selang 2 hari anda bisa kirim secara otomatis menggunakan WAFU sebuah pesan misalnya:

Bagaimana gan? Apa sudah dibaca ebook-nya? Kalau ada pertanyaan jangan sungkan menghubungi saya ya.

Beberapa hari sekali anda juga bisa siapkan konten seputar maggot melalui whatsapp. Gak usah panjang-panjang, cukup beberapa kata singkat saja. Selanjutnya kasih link ke video maupun ke artikel website anda.

Anda juga bisa menyisipkan penawaran produk seputar maggot di rangkaian pesan-pesan yang anda kirimkan. Dengan begitu, hubungan dengan calon pelanggan akan terus terjalin. Jika suatu saat anda butuh melakukan broadcast, mereka udah kenal anda sehingga resiko ditandai sebagai spam akan sangat kecil.

PERMUDAH UNSUBSCRIBE

Salah satu hal yg paling menjengkelkan adalah ketika anda mendapat tawaran ebook lalu anda serahkan data dan pembuat ebook lalu mengirimi anda promosi berkali-kali. Udah gitu, ketika anda ingin berhenti tidak bisa sebab tidak ada petunjuk apapun untuk berhenti berlangganan.

Maka akhirnya dia mem-block nomor anda dan bahkan melakukan report as spam. Ini tentu tidak kita inginkan.

Nah, di WAFU anda bisa menyisipkan kode untuk berhenti di akhir tiap pesan. Misalnya dengan tulisan:

Untuk berhenti mendapatkan info seputar dunia maggot, silahkan kirim pesan: berhenti#maggot

Dengan begitu, jika sewaktu-waktu subscriber anda bosen dengan konten2 WA anda, maka dia bisa unsubscribe dg mudah. 

Kesimpulannya, collect data itu tidak bisa instan langsung jutaan dalam sehari. Sedikit demi sedikit asal semua kontak tertarget dan setopik dg produk anda, maka itu jauh lebih baik daripada jutaan nomor sekaligus yang sebagian besar berisi orang yg marah2 dg kiriman WA anda.

Ingat.. tujuan kita bukan nyepam atau keren-kerenan bisa kirim iklan ke ribuan atau jutaan nomor..

Tujuan kita adalah menemukan pembeli dan sebisa mungkin menjalin hubungan baik dengan mereka agar mau repeat order. Makin banyak yg repeat order, energi untuk promosi akan semakin kecil.


Dapatkan Notif Update dan tips bisnis online lain melalui WhatsApp

Kabari Saya

Info Lain

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

08970097777
08970097777
cafebisnis
pakarblog

Copyright © Cafebisnis 2016