Info Bisnis Online

Pengen Bisnis Online tapi Bingung Mulai dari Mana?

Publish: 26 Jun 2021 08:06

Salah satu barokah pandemi corona adalah dunia bisnis online jadi menggeliat. Banyak pebisnis-pebisnis baru bermunculan. Bukan cuma didominasi kalangan anak-anak muda, tapi mereka yang sudah lanjut usiapun gak mau kalah untuk belajar.

Asal mau belajar serius, saya yakin siapapun bisa kok menjalankan bisnis online. Sebab, skill fisik yang paling dibutuhkan ya cuma mengetik saja kan? Sisanya adalah skill otak yang itu tentu bisa dipelajari dan dilatih terus menerus. Itupun melatihnya tanpa biaya sama sekali. Tinggal mau telaten atau nggak gitu aja.

Bayangkan kalau jadi pelukis, untuk latihan udah pasti keluar duit buat beli kanvas, cat dan kuas. Makin banyak latihan, makin banyak duit keluar. Kalau bisnis online? Cuma ngetik-ngetik doang. Mau ngetik sampai tangan keriting juga gak keluar biaya. Paling-paling tagihan listrik aja yang membengkak hehehe..


Kembali ke laptop eh ke topik awal. Kalau mau belajar bisnis online sebenarnya mulainya dari mana sih?

1️⃣ Punya Produk

Kalau menurut saya, yang penting punya produk dulu lalu kenal dengan produknya. Punya produk ini maksudnya adalah ada produk yang akan dijadikan sebagai topik utama latihan anda. Tanpa produk, latihan anda akan sia-sia. Seperti orang belajar tinju tapi gak ada lawan, gak ada sansak, hanya belajar teori dan mukul angin. Gak akan ada bobotnya dan gak bisa diukur.

Punya produk juga jangan diartikan harus produksi sendiri. Anda bisa mendapatkan produk apapun untuk dijual di jaman sekarang dengan mudah. Salah satu caranya adalah dengan cari produk di marketplace.

Pilih produk yang paling kamu kenal. Gak laris gpp, karena kadang penghasilan besar bisnis online justru dari produk-produk yang gak kepikiran sama orang sama sekali. Yang penting dalam tahap latihan ini, cari produk yang kamu kenal dan kamu ngerti banget soal produk itu.

Misal suka otomotif ya cari produk seputar otomotif. Boleh mobil atau asesoris mobilnya. Pokoknya kamu harus paham produk itu.

2️⃣ Belajar bikin Diskripsi Produk

Mastah-mastah menamakan diskripsi produk itu sebagai sales letter, landing page, sales page, dll. Dengan teori yang macem-macem. Nah, cari di google deh bagaimana cara membuat diskripsi produk yang baik, apa saja yang perlu dimasukkan dalam diskripsi produk, kata-kata apa yang sebaiknya dipakai, dll.

Luangkan waktu sebanyak mungkin membuat diskripsi produk dan posting di facebook atau instagram lalu lihat bagaimana respon teman-temanmu. Latih terus dan latih terus sampai orang penasaran dan mau minimal komen di artikel produkmu.

Sosial media adalah lahan latihan gratis untuk belajar menulis. Jangan cuma scroll-scroll baca-baca status orang doang. Atau bisanya cuma share-share doang. Kamu harus bisa nulis.

Ingat! Dunia Online adalah dunia tulis menulis. Kalau kamu stuck saat menulis tapi lancar saat berbicara, maka bisa coba bikin video tentang suatu produk. Ya ngomong aja produk apa itu, manfaatnya apa, analisamu bagaimana pokoknya paksa otak menyampaikan semua ide tentang produk itu.

Nah, kalau udah kamu dengerin lagi rekaman videonya lalu kamu tulis deh. Sebab facebook maupun google paling efektif membaca tulisan daripada video.

3️⃣ Belajar Marketing

Nah, kalau udah punya produk, udah sering latihan nulis di sosmed, saatnya belajar marketing. Marketing bukan sekedar nulis tapi udah sampai pada tingkat bagaimana mempengaruhi orang lain, bagaimana mengenal algoritma dari platform yang kamu pakai sampai bagaimana cara menangani komentar dan mengubahnya menjadi potensial buyer.

Mulai dari hard sale dulu agar bisa cepat dapat duit. Posting produk di berbagai marketplace dan di berbagai media sosial. Pokoknya ada tulisan shop atau marketplace, sikat aja. Untuk diskripsi, di masa latihan jangan copas. Tapi tulis ulang diskripsi produk yang sudah pernah kamu tulis atau baca. Biar unik dan terlatih.

Nanti ketika otak dan jari udah sinkron, kamu akan enak banget nulis sesuatu dan gak bingung lagi cari bahan tulisan. Mengalir gitu aja.

4️⃣ Membangun Bisnis Online

Nah, setelah aneka latihan itu, barulah kamu belajar membuat web. Karena kalau mau bisnismu besar, kamu gak bisa terus menerus bergantung pada sosmed dan marketplace. Mau gak mau kamu harus punya web sendiri dan punya pengelolaan data konsumen sendiri. Nantinya kamu bisa mulai program funneling dan program affiliasi yang membuat bisnismu makin besar dan serba otomatis.

Cara membuat web dengan wordpress dan panduan-panduan lain dapat kamu lihat di channel youtube cafebisnis di https://www.youtube.com/mentoringcafebisnis

Manfaatkan channel itu untuk belajar dan berikan saya feedback di komentarnya agar saya tahu panduan apa saja yang sebenarnya kamu dibutuhkan.

SO, ingat ya tahapannya:

  1. Punya produk
  2. Belajar bikin diskripsi produk
  3. Belajar Marketing
  4. Membangun Bisnis Online

Lakukan tahapan-tahapan di atas dan nikmati saja prosesnya. Buat kamu yang saat ini diberi anugerah masih bisa merasakan gaji rutin bulanan, sebaiknya juga mulai belajar dikit-dikit dan praktek di sela-sela waktu luang. Karena kita gak pernah tahu sampai berapa lama perusahaan mempertahankan kita.

Punya penghasilan lain akan membuatmu tetap kuat apapun kondisinya.

Stay strong.. stay healthy

Dapatkan Notif Update dan tips bisnis online lain melalui WhatsApp

Kabari Saya

Info Lain

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

08970097777
08970097777
cafebisnis
pakarblog

Copyright © Cafebisnis 2016