Info Bisnis Online

Trend Web Design yang Viral Tahun 2021

Publish: 09 Dec 2020 10:38

sumber: freepik.com

Bercita-cita ingin memiliki bisnis web design sendiri? Kamu perlu memahami berbagai trend yang nantinya akan viral di tahun 2021. Penting untuk mengetahui trend tersebut, karena lebih dari 90% konsumen mudah terkesan dengan design suatu situs. Trend desain pada situs berubah setiap tahunnya.

Sangat disarankan untuk melakukan update terhadap desain bila ingin berkompetisi mendapatkan banyak konsumen. Langsung saja kita cari tahu tentang trend situs yang lagi viral di bawah ini.

Trend Desain Situs Viral di 2021

Membuat trend situs sendiri perlu banyak usaha dan waktu. Adakalanya kamu perlu mengikuti trend yang ada sebagai cara yang lebih mudah. Langsung saja kita lihat apa saja trend tersebut.

1.    Full-Page Header

Trend desain pertama adalah full page header dimana header dibuat menjadi sangat besar mengisi seluruh ruangan situs. Header tersebut memiliki peran penting yang nanti pertama kali akan dilihat oleh pengunjung. Teknik ini bisa dipakai untuk membuat situs terlihat elegan dan trendy.

Menggunakan Full-Page Header bisa mendorong konsumen untuk call to action dalam membeli jasa kamu. Seorang web designer sudah pasti harus memiliki desain situs yang menarik, karena ini akan langsung mempresentasikan kemampuan dalam mempercantik situs.

2.    Gradient Color

Trend desain yang kedua adalah Gradient Color yang menggunakan transisi warna perlahan berubah. Trend bisa membuat tampilan visual situs lebih hidup dan tidak membosankan. Pembuatan background dengan teknik ini membuat situs menjadi lebih hidup dan eye catching. Sebagai seorang web designer wajib mencoba membuat desain seperti ini ketika ada klien yang memesannya.

Kamu perlu memilih warna yang cocok dengan bisnis klien, termasuk dalam pemilihan gradient warnanya. Pastikan untuk meletakkan nama dan logo di posisi yang tepat, sehingga bisa menampilkan gambar keseluruhan. Tidak perlu pakai perubahan gradient warna dengan jenis warna terlalu banyak. Maksimal hanya menggunakan dua sampai tiga warna saja biar kesan yang ditimbulkan tidak terlalu ramai dan membuat pusing di mata.

3.    Hyper Font

Sekarang adalah jaman dimana situs menggunakan desain tulisan brand atau moto berukuran besar. Pembuatan desain tulisan tersebut juga perlu dibuat menjadi lebih tebal, sehingga membuat fokus mata pengunjung langsung membaca tulisan tersebut. Perlu menentukan ukuran tulisan secara pas. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil.

Selain itu perlu dilakukan pengaturan kontras antara tulisan dengan background. Kamu bisa saja menggunakan warna tulisan hitam dan background berwarna cerah dalam rangka mempertegas perbedaan warnanya. Jenis font yang dipakai juga harus sesuai dengan jenis bisnis klien. Jika perusahaan bersifat formal, maka gunakan font seperti Sans Serif. Menggunakan jenis font yang tepat bisa membuat tampilan situs enak dilihat.

4.    Handmade Drawn Design

Handmade drawn saat ini sudah bisa dibuat dengan menggunakan tablet. Warna yang biasa digunakan dalam desain ini adalah yang berwarna pastel mirip dengan cat air. Kesan natural yang diberikan bisa membuat hubungan komunikasi dengan konsumen atau klien menjadi lebih baik.

Tidak perlu membuat desain yang terlalu rumit untuk desain tipe handmade ini. Tetap sederhana dan utamakan fungsionalitas dari situsnya.  Desain ini cocok diberikan kepada klien yang menjual produk mainan anak-anak maupun fashion.

5.    Human Face

Trend pembuatan desain situs lainnya adalah Human Face. Desain tersebut bisa saja dibuat statis maupun bergerak dengan menampilkan wajah seseorang secara besar. Menggunakan desain ini dipercaya mampu membuat situs menjadi semakin professional. Gambar wajah yang dipampang sudah pasti harus memenuhi aspek estetika, seperti menggunakan jas untuk perusahaan yang formal.

Gunakan desain wajah manusia menghadap ke arah brand atau informasi lain yang penting. Arah pandangan dari desain seolah menuntun pengunjung situs untuk mengikuti arah pandangan desain. Pastikan gambar wajah yang dipakai juga menggunakan ekspresi yang menampilkan citra bisnis yang diinginkan klien.

6.    Dark Mode Design

Trend selanjutnya yang akan dibahas di sini adalah Dark mode. Ada banyak sekali website yang kini menerapkan dark mode daripada light mode. Menggunakan dark mode bisa membantu mata pengunjung situs tidak mudah lelah. Desain jenis ini juga sempat menjadi viral sekali di WhatsApp dan Instagram.

Konsep serba hitam ini juga membuat kesan situs menjadi tampil lebih mewah. Sebagian besar informasi yang ada pada situs dibuat berwarna putih, sehingga kontras yang didapatkan cukup kuat. Awal mula pengeluaran dark mode ini dicetuskan oleh Firefox dan diikuti oleh MacOS. Namun sekarang sudah banyak yang menggunakan dark mode.

Apapun Jenis pekerjaan design yang nanti klien kamu minta, kamu akan memerlukan sebuah website untuk memulai. Kamu perlu berlangganan hosting termurah dan berkualitas. Daripada menghabiskan banyak waktu mencari provider yang baik, kamu bisa langsung berlangganan di Domainesia. Ada banyak paket yang ditawarkan dengan harga dan fitur bervariasi. Kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan websitemu. 

Info Terbaru Lainnya

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

08970097777
08970097777
cafebisnis
pakarblog

Copyright © Cafebisnis 2016