Info Bisnis Online

Perang Harga di Marketplace

Publish: 28 Apr 2017 10:22
Bisnis online akhir-akhir ini sangat terbantu oleh adanya marketplace lokal yang terus giat berpromosi di berbagai media. Tak jarang banyak pemain baru di bisnis online yang memanfaatkan marketplace untuk menjual produk-produknya. Namun, semakin banyak pemain, persainganpun semakin ketat dan mulailah terjadi perang harga diantara sesama penjual di marketplace.

Perang harga ini terjadi untuk produk-produk yang punya merk atau tampilan sekilasnya sama. Saya ambil contoh lampu LED Phillips 9 watt. Dan coba anda lihat hasil pencariannya di Tokopedia:

Anda lihat bagaimana marketplace langsung menampilkan semua produk dari berbagai macam vendor lengkap dengan harganya. Konsumen tentu akan memilih harga yang paling murah mengingat dari sisi kepercayaan sama-sama dipercaya karena menggunakan rekening tokopedia. Untuk kota mungkin akan jadi pertimbangan jika kebetulan masih 1 kota atau dekat dengan tempat tinggal pembeli.

Tidak ada diskripsi produk, sehingga persaingan yang terjadi benar-benar persaingan harga. Mungkin bisa dibantu dengan foto yang menarik walaupun untuk produk seperti lampu ini foto tidak banyak membantu :)

Beberapa teman IMers malah mengatakan bahwa akan ada kristalisasi vendor di marketplace. Lambat laun pemain kecil yang modalnya sedikit akan tergusur karena semakin sedikit pembelinya. Sedangkan pemain besar yang mampu beli dalam jumlah banyak sehingga dapat menjual dengan harga bagus akan semakin moncer.

Solusi termudah yang bisa dilakukan saat ini adalah mencoba menggunakan sosial media sebagai sarana promosi. Karena orang masih cukup kesulitan melakukan perbandingan harga di sosial media daripada di marketplace.

Lagi-lagi kata pepatah jangan meletakkan telor di satu keranjang sangatlah bermanfaat saat ini. Bagaimana menurut anda?


Info Terbaru Lainnya

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

08970097777
cafebisnis
pakarblog

Copyright © Cafebisnis 2016