Tutorial Bisnis Online

Pengaturan WP Super Cache utk WP Affiliasi

Publish: 10 Jul 2018 09:50

Sebagai web replika, tentunya seluruh halaman web akan dinamis karena harus mengikuti data replika dari sponsornya. Nah, masalahnya adalah jika terlalu banyak halaman dan artikel, lalu traffik-pun gede, biasanya resource yg dibutuhkan juga ikutan membesar. Karena web bukan cuma akan mengambil data sponsor, melainkan juga akan mengambil data semua settingan dan semua artikel yg sedang dibuka.

Normalnya, pengguna wordpress akan menggunakan plugin cache, contohnya WP Super Cache. Plugin ini terbukti mampu mereduksi penggunaan load resource cukup banyak. Karena halaman2 web kita akan dibekukan dan pengunjung berikutnya disajikan halaman yg sudah beku ini, sehingga tidak perlu menjalankan banyak perintah lagi. Ibaratnya koki itu, makanannya udah siap saji dan tiap ada yg butuh tinggal dikasih, gak perlu mengolah lagi.

Nah! Masalahnya adalah jika cache ini diterapkan di web replika, maka yg dibekukan bukan cuma artikel dan setting2-annya saja, tapi data sponsor ikut-ikutan dibekukan. Akibatnya apa? Jika misalnya seorang pengunjung membuka web replika milik BEJO, di sana akan muncul secara normal nama sponsornya BEJO. Halaman ini lalu dibekukan oleh super cache beserta nama BEJO di dalamnya.

Nah, pengunjung yg lain mencoba membuka web replika milik PAIJO misalnya, akan kaget, karena nama yg tertera kok BEJO bukannya PAIJO. Lebih bingung lagi si pemilik web, karena dia buka beberapa halaman kok nama sponsornya beda-beda antara BEJO, PAIJO, TUAJI, dll. Itu semua gara2 nama sponsor ikut2-an dibekukan oleh WP Super cache.

Bagaimana solusinya?

Solusinya adalah mengurangi sebanyak mungkin faktor dinamis pada web replika. Contohnya nama sponsor yg di sidebar, tidak perlu dimunculkan di tiap web. Saran saya, yg dinamis cukup 3 halaman saja yaitu halaman home yg berisi sales letter, halaman registrasi dan halaman memberarea. Nama sponsornya, cukup diletakkan di 3 halaman tersebut.

Jika sudah, kita atur settingan WP Super cache agar 3 halaman tersebut dibiarkan saja alias tidak dibekukan atau tidak di-cache. Sehingga semua pengunjung akan melihat halamannya secara realtime bukan hasil cache.

Bagaimana cara settingnya?

  1. Masuk dulu ke dashboard lalu klik menu Settings - WP Super cache
  2. Klik tab Advance
  3. Lalu cari setting ini: Accepted Filenames & Rejected URIs
  4. Beri centang pada opsi Front Page dan Home
  5. Klik Save Settings
  6. Lalu turun di bawahnya ada opsi dg keterangan: Add here strings (not a filename) that forces a page not to be cached.
  7. Isikan pada kolom di bawahnya URL halaman registrasi dan memberarea
  8. Klik Save Settings
  9. Jika setting anda benar, harusnya hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini

Untuk plugin cache yg lain saya kurang paham karena gak pernah pakai, jadi silahkan disesuaikan sendiri. Jika pluginnya tidak mampu mengecualikan 3 halaman tersebut, maka sebaiknya ganti plugin saja daripada repot2 modif :)

Selamat mencoba. 


Tutorial Lainnya

Jika ada pertanyaan atau komentar soal artikel di atas, silahkan disampaikan di Grup Cafebisnis. Sertakan juga URL Artikel ini: https://cafebisnis.com/tutorial/445-pengaturan-wp-super-cache-utk-wp-affiliasi

Buka | Tutup

Tutorial Terbaru

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

08970097777
cafebisnis
pakarblog

Copyright © Cafebisnis 2016