Info Bisnis Online

Bagaimana membuat teknik funneling menggunakan WAFU?

Publish: 18 Oct 2021 06:59

WAFU sebenarnya lebih maksimal digunakan sebagai tool funneling berbasis whatsapp. Dengan memanfaatkan WAFU anda dapat promosi dengan lebih terukur dan tertarget.

Seperti sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang Jualan vs Marketing, maka WAFU ini adalah sebuah sistem marketing yang jika dibangun dengan serius, akan memberikan penghasilan berkali-kali kepada anda dan lebih mudah di kemudian hari.

Di artikel ini akan saya berikan contoh sekilas gambaran bagaimana membangun sebuah sistem funneling untuk penjualan alat masak rumah tangga dengan target market ibu-ibu muda yang baru menikah. Kenapa pilih yang baru menikah? Soalnya biasanya yang baru nikah itu yang butuh alat-alat masak baru hehehe...

Oke, simak baik-baik dan sesuaikan sendiri dengan bisnis anda ya.

1️⃣ Buat dulu beberapa grup sesuai dengan target market. 

Kita siapkan dulu saringan untuk mendapatkan data ibu-ibu muda yang baru nikah. Biasanya ibu muda baru nikah belum punya pengalaman soal masak memasak dan rumah tangga, maka buat beberapa grup di WAFU dg beberapa tema misalnya:

  • resep masakan sederhana 30 hari,
  • resep harmonis suami-istri dan
  • resep mengelola keuangan keluarga.

Lalu isilah dengan konten harian sesuai dengan tema di atas. Kalau sudah arahkan tema menuju produk anda. Dalam hal ini ke alat masak.


Yang resep masak, setelah memberikan resep masakan, arahkan ke penggunaan alat masak anda agar masakannya lebih enak. 

Yang resep harmonis, setelah tips dan trik rumah tangga harmonis, bisa diarahkan ke memasak untuk suami dan penggunaan alat masak yang praktis dan efisien. 

Sedangkan untuk tema mengelola keuangan bisa diarahkan ke alat masak yang praktis dan lebih murah.

Intinya bawa topik awal menuju ke product knowlegde. Nanti yang tertarik tinggal ketik kode grupnya. Contoh: Agar ibu tahu manfaat apa yang akan ibu dapatkan setelah memakai panci presto cak bejo, silahkan ketik: pancibejo.

2️⃣ Bikin grup product knowledge. 

Isinya kenapa produk anda cocok dipakai oleh target market anda. Pastikan tujuannya memberi tahu apa yang terbantu jika memakai produk anda. Jangan sekedar mencantumkan fitur kayak brosur.

Kalau punya testimoni juga boleh disertakan agar makin menarik penawarannya.

Selalu ingat dalam WhatsApp marketing, jangan terlalu kaku memilih bahasa. Gunakan bahasa yang santai dan seolah berbicara hanya dengan 1 orang saja. Dan walaupun target-nya ibu-ibu, jangan pernah panggil dengan kata ibu hehehe.. Mending kak saja :)

3️⃣ Bikin grup buyer. Buat settingan auto unsubscribe dari grup product knowledge. 

Jika dari grup sebelumnya ada yg closing, maka segera masukkan ke grup buyer ini. Anda perlu mensetting auto unsubscribe agar ketika nomornya anda masukkan ke grup buyer, dia otomatis keluar dari grup product knowledge.


Gunanya agar anda bisa membedakan mana yang udah beli dan mana yang tertarik.

Di grup buyer, bisa anda siapkan beberapa campaign misalnya tanya apakah produk sudah sampai dan bagaimana kesannya. Beberapa hari kemudian coba tanya lagi apakah sudah mencoba alat masaknya, dll.

4️⃣ Rajin kirim broadcast

Rajin di sini bukan nyepam ya, tapi sesekali kirim info baru. Mungkin 4-7 hari sekali anda kirimi info baru.

Untuk broadcast, anda bisa sesekali broadcast ke grup-grup awal sesuai topik dan selalu ditutup dg tawaran masuk product knowledge. 

Di grup product knowledge, kirim BC tentang bonus-bonus, diskon atau system pembayaran yang bisa memudahkan mereka.

5️⃣ Rajin Menambah List

Setelah semua sistem siap, anda tinggal cari bibit ikan eh subscriber. Tawarkan info anda baik ke grup-grup facebook, grup whatsapp atau lewat aneka media lain. Gunakan cara-cara promosi yang elegan, jangan asal promo.

Dengan menggunakan funneling system, maka promo anda tidak akan terlalu berasa spamming. Contohnya ketika anda promosi resep masakan di grup yang isinya ibu-ibu, anda bisa tawarkan, eh mak, aku punya 30 resep masakan harian nih, biar gak pusing tiap hari masak apaan. Ketik aja resep lalu kirim ke 08123456789 ya. Nanti otomatis akan dikirimi resep masakan tiap hari. Tinggal masak aja :)

Ntar di grup yang lain juga gitu. Jadi yang anda promosikan adalah grup-grup tematik di awal. Nanti WAFU yang akan mengirim pesannya tiap periode yang anda tentukan dan sistem akan mengalir sendiri menuju closingan :)

Dapatkan Notif Update dan tips bisnis online lain melalui WhatsApp

Kabari Saya

Info Lain

About Us

Cafebisnis Online berdiri tahun 2007 dengan materi panduan wordpress saja waktu itu.
Cafebisnis Online
@Cafebisnis

 

Sponsor Anda

Lutvi Avandi

08970097777
08970097777
cafebisnis
pakarblog

Copyright © Cafebisnis 2016