Kiat Sukses Bisnis Online

Bisnis Online sama dengan Bisnis apapun juga. Ada banyak kiat untuk sukses di Bisnis Online, tapi yang paling saya pegang selalu adalah yang di bawah ini:

FOKUS

Anda sudah melakukan pilihan bisnis yang cocok di bab sebelumnya, saya juga sudah meminta anda mencatatnya di sebuah kertas dan tempel di tempat kerja. Kenapa? Agar anda fokus di satu bidang itu. Perkara bisnis-nya oke aja anda mau berubah-ubah. Misalnya gini, di awal-awal anda kejar pendapatan di PPC misalnya ikutan adsense, lalu ketika traffik udah tinggi anda coba jualan barang atau malah bikin produk sendiri. Itu tidak masalah asalkan anda fokus. Kalau di awal sudah milih jadi MASTER PERMEN KARET, jangan tiba-tiba banting setir jadi MASTER MAGICIAN.

Seringkali mereka yang masih pemula di bisnis ini gagal dalam kiat satu ini. Godaan demi godaan datang silih berganti, akibatnya semua dijalani tanpa ada arti. Yang payah, setelah semua dicoba dan gak mendapatkan hasil, yang disalahkan kemudian ebooknya, gurunya, mentornya. Lha.. padahal dia bikin salah sendiri kan?

Bayangkan bisnis online ini sebagai sebuah tambang emas. Bagaimana kalau ada orang sebut saja Panjul yang gak mau fokus. Baru menggali beberapa cm ada yang teriak di sebelah sana kalau dia menemuka emas. Akhirnya Panjul-pun berhenti menggali dan pindah ke tempat lain. Di tempat yang baru, Panjul baru saja menggali beberapa cm sudah ada yang teriak dari tempat lain lagi kalau sudah menemukan emas. Panjul-pun berhenti menggali dan pergi ke asal suara. Gitu terus hingga ketika semua orang mengatakan telah mendapatkan emas, Panjul tidak mendapatkan apa-apa. Lalu dengan lantang teriak TUH ORANG-ORANG PENIPU SEMUA.

Coba, siapa yang bego dalam kasus di atas? Benarkah mereka yang mendapatkan emas hanya teriak-teriak saja? Ataukah si Panjul yang memang gak mau menggali lebih dalam. Mudah tergoda, mudah menyerah.

BERANI

Dalam perjalanan anda berbisnis online, anda akan dihadapkan pada banyak rintangan. Kalau saya boleh bilang, gak ada kerugian yang terlalu besar di bisnis online. Misalnya salah riset aja sehingga anda beli domain yang salah, maka kerugiannya gak nyampe 100rb. Bayangkan kalau di bisnis offline, begitu anda salah milih lokasi, ratusan bahkan jutaan rupiah uang sewa atau beli stand lenyap gitu aja.

Banyak saya dapati mereka yang takut banget keluar uang untuk beli domain, padahal menggunakan blog gratisan hanya akan memperlambat proses dan memperbanyak pekerjaan.

Jadi, jika memang anda serius di bisnis online, siapkan dana juga dan harus berani. Rugi itu biasa dalam bisnis. Gak ada bisnis yang untung teruuuss.. naik teruuss... Semua ada pasang surutnya.

Selain berani terima resiko, sebagai pebisnis kita juga berani ambil sikap. Gak ada dalam kamus seorang pebisnis ngikut sana ngikut sini. Begitu menetapkan bisnis, dia akan jalani apapun resikonya. Gak ada tuh alasan-alasan macem-macem. Pasar rame, gak jalan alasannya banyak saingan. Pasar sepi tetep gak jalan alasannya gak ada pelanggan. Repot kan? So, kalau kebanyakan alasan, banyak protes, banyak mengeluh, mending tutup aja deh bisnisnya. Jadi tukang sapu aja di kantor. Udah jadi orang kantoran kan?

DEKETIN YANG PUNYA REJEKI

Ini nih senjata andalan saya. Kalau mau sukses, rejeki banyak ya dekatlah sama yang memberi rejeki. Buat DIA senang dengan aktifitas anda. Lakukan Dhuha dan Tahajud serta perbanyak mengingat-Nya. InsyaaLlah jika kita banyak mengingat Allah maka Allah-pun akan mengingat kita. Saya sudah mempraktekkan ini dan Alhamdulillah target penghasilan yang saya canangkan selalu berhasil saya raih. Allah Maha Kaya !!

Satu bab dengan Kiat Sukses Bisnis Online

  1. Apa itu Bisnis Online
  2. Memilih Bisnis yang Cocok
  3. Kiat Sukses Bisnis Online
  4. Apa itu Cafebisnis
Oleh: Lutvi AvandiUpdate: 03 Apr 2012 07:04